Jumat, 09 Juli 2010

I.1.1. Merawat Body Sepeda Motor - Rangka

Rangka memikul tugas berat, karena semua beban bertumpu padanya. Beban utama dapat berupa; berat penumpang, berat barang bawaan dan hentakan (goncangan) dari jalan yang rusak (tidak rata, banyak lobang, banyak polisi tidur, dll.).

Tips: agar rangka tetap berfungsi prima, maka kita harus pandai-pandai memperkirakan; berat beban muatan (pengendara, penumpang dan barang bawaan) ke sepeda motor, serta kondisi jalan yang akan kita lewati (rusak, banyak lubang, banyak polisi tidur, dll.). Perlu kita ingat beban yang berlebihan akan menyebabkan rangka berubah bentuk (bengkok) dan bila hal ini berlangsung terus menerus, maka tidak menutup kemungkinan pada rangka timbul retakan lalu akan patah dalam jangka waktu yang tidak lama.

Masalah yang sering timbul: kotor, karatan, bengkok, miring (tidak center) dan retak.

Bentuk Perawatan:


Kotor, karena debu, lumpur, ceceran oli/ gemuk, aspal basah dll, sehingga tidak ada jalan lain, selain dicuci bersih dengan sabun colek atau bubuk deterjen. Sedangkan minyak tanah/ solar digunakan khusus untuk membersihkan kotoran oli/ gemuk/ aspal yang melekat.


Catatan: Frame sepeda motor umumnya oleh pabrikan di cat dengan sistem celup dengan pemanasan tinggi, sehingga tahan bila dicuci dengan sabun cuci atau minyak tanah/ solar.


Karatan, karena cat terkelupas (rusak) akibat; tergores, benturan batu tajam (kerikil lepas) di jalanan atau terciprat bahan kimia (air keras, air aki zuur, minyak rem). Besi yang terbuka dan bersinggungan lansung dengan udara lembab/ air akan menimbulkan karat. Karat yang masih tergolong ringan dapat dihilangkan dengan disikat kawat lalu diamplas sampai bersih selanjutnya dioles cat sewarna (tidak disarankan dengan cat semprot, karena sifat berporinya). Karat yang sudah parah, sehingga besi rangka terkorek atau bolong sangat sulit diatasi. Bisa di las, tetapi akan menimbulkan masalah baru yaitu kekuatan rangka berkurang banyak, akibat panas super tinggi las yang merusak struktur awal di sekitar lasan.


Catatan: Material pembentuk rangka umumnya terbuat dari sophisticated metal (logam istimewa). Umumnya memiliki kekuatan terbesar dan sifat kelenturan terbaik, dibuat sesuai teknologi high end (mutakhir) pada masanya. Sehingga tujuan perancangan agar rangka tetap kuat, lentur dan memiliki bobot seringan mungkin dapat tercapai.


Bengkok: rangka bengkok yang berasal dari sononya (pabrikan) sangat jarang terjadi, karena selalu dilakukan pemeriksaan kualitas yang super ketat dengan bantuan jig-jig dan alat ukur canggih yang dikalibrasi secara berkala. Baik pada tahap proses pengelasan maupun pada tahap pemeriksaan akhir ketika sepeda motor sudah terakit penuh. Sehingga bengkok pada rangka yang terjadi adalah karena salah pemakaian, terutama akibat pembebanan yang terlalu berlebihan atau terjatuh saat berkendara atau habis tabrakan. Rangka bengkok menyebabkan lari sepeda motor tidak normal dan membahayakan.


Catatan: rangka sepeda motor yang sudah bengkok, memang dapat diperbaiki di bengkel-bengkel khusus (press rangka), tetapi tingkat keakuratannya boleh jadi kita masih meragukannya karena belum tentu hasilnya sudah memenuhi rahasia standart pabrikan pembuat sepeda motor. Sehingga jalan terbaik agar rangka tidak bengkok adalah dengan cara; menghindari pembebanan yang berlebihan, menghindari tabrakan dengan selalu berhati-hati dan waspada (tetap konsentrasi) saat mengendarainya.


Miring (tidak center): pada saat kita mengendarai sepeda motor terasa susah lurusnya atau cenderung narik kekiri atau ke kanan, itu tandanya kondisi sepeda motor kita sudah tidak center. Bila kita tahu, bahwa sepeda motor kita tidak pernah terjatuh saat dikendarai cukup kencang atau tidak pernah mengalami tabrakan, maka penyebabnya bisa kita pastikan bukan karena rangka yang bengkok. Bisa jadi swing arm (lengan ayun) belakang sudah bengkok, bos as lengan ayun belakang sudah aus (oblak), pemasangan roda belakang yang tidak center atau batang sokbreker depan sudah bengkok.


Catatan: pastikan lengan ayun belakang tidak bengkok. Bila kedapatan bos as lengan ayun belakang sudah oblak (gedheg-gedheg), segera ganti dengan bos as original (lebih mahal sedikit tidak masalah, karena karet didalamnya dapat dipastikan sudah memenuhi standart international). Pastikan roda belakang terpasang senter, dengan cara cek kesamaan garis-garis penanda di kiri dan kanan pada area as roda belakang. Batang sokbreker depan yang sudah bengkok ditandai oleh adanya goresan-goresan halus atau kekusaman setempat pada lapisan chrom nya. Bila hal ini terjadi segera ganti batang sokbreker dengan yang sejenis dan masih bagus di tukang servis sok breker atau bila tidak mau ribet beli saja yang baru dan original, tetapi siap siap kantong kita bolong gedhe, saking mahalnya.


Retak: dapat ditandai dengan timbulnya getaran yang hebat (tidak wajar) pada sepedamotor seiring dengan tarikan gas, selain itu tiba-tiba sepeda motor susah dikendalikan saat melaju kencang. Sebenarnya timbulnya getaran yang hebat dapat juga disebabkan oleh kendornya, salah satu atau lebih, baut pengikat mesin, tetapi apabila setelah kita cek ternyata masih kencang ikatannya, maka patut kita curigai adanya retak pada rangka sepeda motor.


Catatan: retak pada rangka sepeda motor dapat disebabkan oleh karat yang ada, pembebanan yang terlalu berlebihan, pernah tabrakan, cacat dari pabrikan saat proses pengelasan meskipun kasus ini hampir tidak pernah terjadi. Retak yang masih ringan dapat diatasi dengan di las dan selanjutnya diberi pelat penguat tambahan tanpa harus di las penuh (keliling) agar sifatnya sebagai penguat tetap berfungsi. Retak berat sehingga rangka hampir patah disarankan untuk menggantinya dengan rangka yang baru atau rangka bekas sejenis tetapi masih layak pakai.



















































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar